Cara Mengetahui Kreativitas Anak Dan Bakat

kreativitas_anak

<p>Kreativitas adalah bentuk ekspresi diri yang paling bebas. Tidak ada yang lebih memuaskan dan memuaskan anak-anak daripada untuk dapat mengekspresikan diri secara terbuka dan tanpa penilaian. Kemampuan untuk menjadi kreatif, untuk menciptakan sesuatu dari perasaan dan pengalaman pribadi, dapat mencerminkan dan memelihara kesehatan emosional anak-anak. Pengalaman yang dimiliki anak-anak selama tahun-tahun pertama kehidupan mereka dapat secara signifikan meningkatkan perkembangan kreativitas mereka.

Pentingnya Proses Kreatif

Semua anak perlu benar-benar kreatif adalah kebebasan untuk berkomitmen sepenuhnya terhadap usaha dan melakukan aktivitas apa pun yang mereka lakukan sendiri. Yang penting dalam setiap tindakan kreatif adalah proses ekspresi diri. Pengalaman kreatif dapat membantu anak mengekspresikan dan mengatasi perasaan mereka. Aktivitas kreatif anak dapat membantu guru untuk belajar lebih banyak tentang apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh anak. Kreativitas juga mendorong pertumbuhan mental anak-anak dengan memberikan kesempatan untuk mencoba gagasan baru, dan cara berpikir dan pemecahan masalah baru. Kegiatan kreatif membantu mengenali dan merayakan keunikan dan keragaman anak serta menawarkan kesempatan bagus untuk mempersonalisasi pengajaran dan fokus pada setiap anak. Kesempatan untuk Kreativitas Anak-anak membutuhkan banyak kesempatan untuk bermain kreatif dan berpikir kreatif. Mulailah dengan menyediakan kegiatan yang didasarkan pada minat dan gagasan anak. Ini berarti belajar bagaimana mendengarkan dengan saksama apa yang anak katakan. Hal ini sangat membantu untuk merekam dan menuliskan percakapan anak-anak dan juga mencatat dan meninjaunya dengan rekan kerja Anda. Pastikan untuk menawarkan kepada anak-anak berbagai materi dan pengalaman kreatif. Menjadi kreatif lebih dari sekedar menggambar atau melukis. Ada juga fotografi, musik, kunjungan lapangan, bekerja dengan kawat, tanah liat, kertas, kayu, air atau bayangan. Kemungkinannya tidak ada habisnya. Penting untuk memberi anak banyak waktu untuk mengeksplorasi materi dan menjalankan gagasan mereka. Ini termasuk waktu untuk memikirkan bagaimana merencanakan, merancang, membuat, percobaan dan merevisi ide proyek. Jangan lupa membangun pada waktunya untuk membicarakan gagasan ini dengan orang lain – baik guru maupun anak-anak.

Cara Menumbuhkan Kreativitas

Berikan sumber daya yang mereka butuhkan untuk ekspresi kreatif. Sumber utama di sini adalah waktu. Anak-anak membutuhkan banyak waktu untuk permainan yang tidak terstruktur, terarah, dan imajinatif Рterbebani oleh arahan orang dewasa, dan itu tidak bergantung pada banyak barang komersial (lihat posting ini tentang permainan tidak terstruktur) . Ruang juga merupakan sumber yang dibutuhkan anak-anak Anda. Kecuali Anda tidak keberatan dengan kekacauan kreatif di mana-mana, berikan mereka tempat khusus di mana mereka bisa membuat kekacauan, seperti ruang di loteng Anda untuk pakaian, tempat di garasi untuk melukis, atau sudut di ruang keluarga Anda untuk Legos. Lain kali seseorang meminta saran hadiah untuk anak-anak Anda, mintalah hal-hal seperti perlengkapan seni, kamera murahan, komponen kostum, bahan bangunan. Masukkan ini dengan mudah-dengan tempat sampah yang bisa dikelola anak-anak Anda. Jadikan Rumah Anda Sebagai  Untuk Kreativitas. Selain ruang kreatif, Anda perlu menumbuhkan suasana kreatif. Mintalah sejumlah besar gagasan yang berbeda, tapi tolak dorongan untuk mengevaluasi gagasan yang anak-anak Anda hadapi. Pada saat makan malam, misalnya, Anda bisa melakukan brainstorming kegiatan untuk akhir pekan mendatang, mendorong anak-anak untuk mengemukakan hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Jangan tunjukkan ide mana yang tidak memungkinkan, dan jangan menentukan gagasan mana yang terbaik. Fokus kegiatan kreatif harus dalam proses: menghasilkan (vs mengevaluasi) gagasan baru. Dorong anak untuk membuat kesalahan dan gagal . Ya, gagal Рanak-anak yang takut gagal dan penghakiman akan mengekang pemikiran kreatif mereka sendiri. Bagikan kesalahan yang Anda buat akhir-akhir ini, jadi mereka mendapatkan gagasan bahwa tidak apa-apa untuk menggagalkannya. Tertawa pada diri sendiri saat meniupnya adalah kebiasaan kebahagiaan . Rayakan inovasi dan kreativitas. Tutupi dinding Anda dengan seni dan bukti ekspresi kreatif lainnya. Beritahu anak-anak Anda semua tentang artis, musisi, dan ilmuwan favorit Anda. Bagikan semangat Anda untuk arsitektur atau fotografi atau band baru yang ingin Anda dengarkan sepanjang waktu . Rangkullah teknologi baru seperti Twitter sehingga anak-anak Anda tumbuh untuk menemukan perubahan yang menarik, tidak terlalu menggoda atau mengintimidasi.

Izinkan Anak-Anak Kebebasan Dan Otonomi

untuk mengeksplorasi gagasan mereka dan lakukan apa yang mereka inginkan. Jangan terlalu bossy. (Jika itu bukan panci yang memanggil ketel hitam, siapa yang tahu apa itu.) Berhenti hidup dalam ketakutan bahwa mereka akan diculik atau tidak masuk perguruan tinggi yang hebat. Secara statistik, kemungkinannya sangat rendah sehingga mereka diculik, dan saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya bukan orang yang lebih bahagia karena saya pergi ke sekolah Ivy League. Kendala luar – membuat mereka mewarnai garis, sehingga bisa berbicara – dapat mengurangi fleksibilitas dalam berpikir. Dalam sebuah penelitian, hanya menunjukkan bagaimana menyusun sebuah model mengurangi cara kreatif yang dilakukan anak-anak dalam menyelesaikan tugas ini. Dorong Anak Untuk Membaca Kesenangan Dan Berpartisipasi Dalam Seni. Batasi TV dan waktu layar lainnya untuk memberi ruang bagi aktivitas kreatif seperti melatih permainan, belajar menggambar, membaca setiap buku yang ditulis oleh penulis favorit. Beri Anak Kesempatan Untuk Mengungkapkan “Pemikiran Yang Berbeda.” Biarkan mereka tidak setuju dengan Anda. Dorong mereka untuk menemukan lebih dari satu rute ke solusi, dan lebih dari satu solusi untuk sebuah masalah. Ketika mereka berhasil memecahkan masalah, mintalah mereka untuk menyelesaikannya lagi tapi untuk menemukan cara baru untuk melakukannya (solusi yang sama, rute yang berbeda). Kemudian mintalah mereka untuk menghasilkan lebih banyak solusi untuk masalah yang sama. Jangan Menghargai Anak-Anak Karena Menunjukkan Kreativitas: insentif mengganggu proses kreatif, mengurangi kualitas tanggapan dan fleksibilitas pemikiran mereka. Izinkan anak mengembangkan penguasaan kegiatan kreatif yang secara intrinsik termotivasi untuk dilakukan, daripada mencoba memotivasi mereka dengan penghargaan dan insentif. Alih-alih memberi penghargaan kepada seorang anak karena berlatih piano, misalnya, mengizinkannya melakukan sesuatu yang dia sukai – mungkin duduk di mejanya dan menggambar atau mengikuti kelas sains.

Mengidentifikasi Anak Kreatif yang Berbakat

Jika Anda adalah orang tua pemikir kreatif, Anda cenderung mengenali bahwa anak Anda berpikir berbeda dari pada anak-anak lain. Bagi seorang guru {entah di sekolah bata dan mortir, co-op homeschool, di kelas museum, apapun …} atau teman keluarga orang tua atau orang dewasa lainnya, agak sulit untuk menghargai pemikir kreatif – kecuali jika anak Anda mengungkapkan kreativitas itu melalui seni atau musik atau drama. Pemikir kreatif cenderung melamun. Mereka ingin bekerja sendiri dan muncul dengan aneh – dan terkadang saling bertentangan – solusi untuk masalah. Biasanya, kiddos ini tidak termotivasi dengan melewatkan kelas, melakukan apa yang diinginkan oleh guru, atau lulus. Motivator ekstrinsik yang bekerja untuk kebanyakan anak, tidak bekerja untuk pemikir kreatif. Semua ini membuat anak berbakat kreatif sulit dikenali. Mendukung Anak Kreatif Ketika saya memikirkan anak berbakat secara kreatif, saya memikirkan adegan di Dr. Who saat Amy dan Doctor membawa Vincent Van Gogh ke masa depan untuk melihat karya hidupnya yang dipajang: pemikir kreatif kita yang paling berbakat sama seperti artis hebat ini, entah mereka menampilkan bakat mereka dalam seni, musik, pertunjukan, matematika, sastra, atau lainnya. Anak yang berbakat secara kreatif memiliki bakat yang tidak berwujud, dan sulit diukur. Dan pemberian mereka tidak selalu dihargai atau bahkan dikenali sampai lama setelah mereka pergi, membuat hidup mereka sulit. Dan ini adalah tantangan besar bagi kita, sebagai orang tua yang mencintai mereka, untuk memelihara karunia-karunia itu dengan cara yang mendukung mereka tanpa mengisolasi mereka dari orang lain, dan membangunnya menjadi cukup lengkap untuk menjadi orang dewasa yang kuat. Dorong Pengambilan Resiko Ketika kita menarik tugas bersama atau menentukan arah pendidikan untuk anak-anak berbakat kreatif kita, kita dapat memberi mereka kesempatan untuk mengambil risiko intelektual seperti:

  • memberi mereka pilihan topik yang berbeda.
  • menawarkan fleksibilitas dalam bagaimana mereka menunjukkan pengetahuan mereka.
  • meminta mereka untuk memutuskan pertanyaan yang ingin mereka jelajahi.
  • menyediakan skenario open-ended play dan problem solving.
  • Memelihara Kedua Keterampilan Berpikir Konvergen dan Berbeda

Pemikiran konvergen adalah ketika seorang anak menarik gagasan dan sumber daya dari berbagai sumber untuk memecahkan masalah. Pemikiran yang berbeda adalah saat dia mengambil ide dan menghasilkan banyak solusi atau skenario berbeda yang sesuai dengan itu. Anda dapat memelihara keterampilan ini dengan menawarkan:

  • pertanyaan dan masalah terbuka.
  • Kesempatan untuk menjadi penasaran.
  • dorongan dalam menghadapi jawaban yang salah – mereka adalah kesempatan untuk belajar.

Situasi Yang Ditemukan Dalam Sumber Pemecahan Masalah Kreatif Seperti Yang Ada Di Bawah Ini:

  • Memelihara Kebiasaan Kreatif
  • Ada banyak cara bagus untuk memelihara kreativitas anak-anak kita. Ini adalah masalah mencari tahu cara mana yang paling sesuai untuk anak Anda.
  • Baca secara luas dan dengan banyak variasi.
  • Mintalah diskusi untuk mendorong anak-anak mengambil perspektif yang berbeda.
  • Perkenalkan hal baru ke dalam hari-hari Anda – pelajari di lokasi yang berbeda, gunakan berbagai bahan, dan cobalah pendekatan dan hobi baru.

Saya percaya bahwa hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk anak berbakat kreatif Anda adalah menemukan cara untuk merayakan cara uniknya memandang dunia. Tidak semua orang akan menangkapnya. Anda mungkin juga tidak selalu mendapatkannya, tapi Anda perlu memberi tahu dia bahwa dia dicintai dengan pasti siapa diri Anda sekarang dan selalu.

Tags : cara meningkatkan kreativitas anakcara menumbuhkan kreativitas anakkreativitas anak usia dinimakalah pengembangan kreativitas anak usia dinipengembangan kreativitas anak usia diniperkembangan kreativitas anak usia dini