Tahapan Perkembangan Si Kecil Usia 1 Bulan

bayi_usia_1bulan

Bayi berumur satu bulan membutuhkan makanan yang sering, dan pola tidurnya tidak pasti. Banyak bayi yang baru lahir cenderung tidur di siang hari dan tetap terjaga di malam hari. Jadi mengatur timing makan mereka bisa menjadi cobaan yang melelahkan. Kami memiliki beberapa tips perawatan bayi penting satu bulan yang dapat membantu Anda memberi makan bayi Anda dengan tepat dan membuatnya tetap aman, sehat, dan sehat.

Makanan

Harapkan bayi Anda untuk memberi makan minimal 6 kali / 24 jam pada usia 1 bulan. Jika mereka menyusui ini bisa meningkat hingga 12 kali. Cobalah untuk tidak mengontrol waktu makan mereka terlalu banyak dan biarkan bayi Anda menentukan berapa banyak dan seberapa sering mereka ingin memberi makan. Kecuali mereka tidak sehat atau prematur, mereka akan dapat mengukur kapan mereka harus memberi makan dan merasa puas dengan volume susu di perut mereka.

Tidur

Beri bayi Anda banyak kesempatan untuk tidur dan peka terhadap isyarat tidur mereka. Kebaruan memiliki bayi di rumah mungkin belum memudar. Sangat mudah untuk menangani bayi kecil yang, meski dilakukan dengan niat baik, dapat menyebabkannya menjadi lelah. Bahkan pada tahap awal ini, usahakan menempatkan bayi Anda ke tempat tidur mereka saat mereka lelah, ketimbang sudah tidur. Terkadang ini akan lebih mudah dibanding yang lain. Sebagian besar bayi kecil tidur setelah makan dan “jendela tidur” mereka bisa sangat singkat.

Pahami isyarat tidur dan biarkan dia tidur:

Perawatan bayi berumur 1 bulan juga melibatkan perawatan pola tidurnya. Waktu tidur mereka tidak pasti, dan mereka cenderung tidur setiap saat sepanjang hari. Biarkan bayi Anda yang berumur satu bulan tidur sesuai kenyamanannya. Peka terhadap isyarat tidur bayi Anda. Sebagian besar bayi cenderung segera tidur setelah diberi makan. Tempatkan bayi Anda di tempat lahirnya saat dia selesai menyusui. Jangan mencoba mengendalikan pola tidurnya .

Tingkah laku

Anda mungkin melihat beberapa senyuman awal saat bayi Anda berusia 1 bulan, tapi ini mungkin karena refleks mereka, bukan responsif. Lebih dekat dengan enam minggu, bayi Anda mungkin akan memberi Anda senyuman sejati. Banyak bayi mengalami perilaku kolik pada usia 1 bulan dan menemukan paru-paru mereka. Hal ini bisa membuat orang tua waspada yang mungkin terbuai untuk berpikir bahwa bayinya cukup pasif dan tenang.

Menangis sangat menyedihkan bagi orang tua dan bayinya. Kembangkan berbagai respons yang menenangkan dan beri mereka semua percobaan. Ingat, tidak ada cara benar atau salah untuk menenangkan bayi Anda. Selama Anda bersikap lembut dan baik, bayi Anda akan merespons usaha Anda. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merespons, terbuka terhadap banyak faktor.

Bermain dan Berinteraksi dengan Dia:

Berinteraksi dengan kekasih kecil Anda setiap kali dia bangun. Panggil dia dengan nama. Mainkan musik dan cobalah untuk menarik perhatian mereka. Biarkan bayi Anda memiliki waktu perut yang diawasi setiap hari karena membantu dia mengembangkan kekuatan di tubuh bagian atas dan lehernya. Pastikan Anda menempatkan bayi Anda di perut mereka untuk sementara waktu, karena mereka terlalu muda untuk tinggal lebih lama. Anda juga bisa mengenalkannya pada beberapa mainan yang menghasilkan warna-warni dan bagus untuk menghiburnya. Perut, pengganggu, dan mainan bayi bisa menjadi pilihan bagus untuk menghibur dan berinteraksi dengan bayi Anda

Pertumbuhan

Bayi Anda harus jauh di atas berat lahir mereka sekarang. Sebagian besar bayi mendapatkan kembali berat lahir mereka dalam 2 minggu pertama setelah kelahiran. Rata-rata kenaikan berat badan pada usia ini adalah antara 150-200grams / minggu. Jika bayi Anda tidak bertambah berat badan dan tumbuh, ada alasan untuk ini dan penting untuk berbicara dengan profesional kesehatan.

Lemak ekstra akan terlihat jelas di paha bayi Anda, perut dan wajah mereka. Mereka mungkin memiliki lebih banyak gulungan lemak di leher mereka dan di lengan atas mereka. Jangan khawatir bayi Anda bisa bertambah berat badan pada usia ini. Bayi menyusui biasanya mendapatkan banyak berat badan dalam beberapa bulan pertama kehidupan dan kemudian dataran tinggi atau bahkan dengan kenaikan berat badan mereka. Bayi yang diberi susu formula cenderung bertambah gemuk pada tingkat yang lebih stabil dan konsisten.

Semua indra bayi Anda sedang bekerja sejak dia lahir, termasuk:

  • Matanya yang bengkak mungkin cocok dengan bibirmu. Tapi tidak seperti Anda, mata bayi Anda yang baru membengkak saat melahirkan, dan mungkin salep mata antibiotik pelindung diberikan tepat setelah kelahiran). Visinya sedikit kabur – tapi dia bisa melihat wajah dan benda close up lainnya. Pastikan memeluknya 8 sampai 12 inci di depannya, yang merupakan rentang penglihatannya. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa matanya kadang-kadang silang . Itu karena otot-otot yang mengendalikan gerakan mata belum sepenuhnya berkembang dan tidak perlu dikhawatirkan.
  • Meskipun tidak sepenuhnya berkembang, dia sudah terbiasa dengan suara dan suara lain yang sering didengarnya di rahim.
  • Rasa rasanya sangat berkembang, dan dia bisa membedakan antara manis dan pahit – dengan preferensi terhadap makanan manis (ASI dan formula sesuai dengan tagihannya dengan sempurna).
  • Segera setelah kedatangannya, dia akan mengenali aroma Anda.
  • Rasa ini paling berkembang saat lahir. Melalui sentuhan, bayi Anda mempelajari kelembutan wajah Anda, bahwa tidak ada yang lebih bermanfaat daripada pelukan, dan bahwa dia dicintai oleh orang-orang yang merawatnya.

Tubuh melengkung

Menjadi squished di rahim Anda dan kemudian didorong melalui jalan lahir yang sempit berarti tubuh bayi Anda akan agak mengikis untuk beberapa waktu. Tangannya mengepal, dan lengan dan kakinya terselip dekat ke tubuhnya. Jangan khawatir. Ototnya akan rileks selama beberapa minggu ke depan.

Organ seks yang bengkak

Khawatir tentang skrotum bengkak pada bayi laki-laki Anda atau labia bengkak pada gadis kecil Anda? Ini sangat normal dan sementara. Itu karena hormon Anda masih beredar di tubuh bayi Anda. Mereka akan turun ke proporsi bayi sebelum Anda menyadarinya. Hormon yang sama juga bertanggung jawab atas cairan susu yang bocor dari payudara (kemungkinan untuk bayi laki-laki dan perempuan) dan keputihan (yang terkadang bisa berdarah). Seperti pembengkakan, pelepasan harus hilang dalam waktu dua minggu.

Berapa Banyak Kebutuhan Bayi Susu

Bayi banyak makan selama beberapa minggu pertama – sekitar 12 kali sehari, tepatnya. Kapur itu sampai ukuran perutnya yang kecil dan pertumbuhan yang luar biasa, baik fisik maupun mental, bahwa dia menjalani minggu dan bulan pertama ini. Karena payudara dan bayi Anda tidak dilengkapi dengan meter built-in, sulit untuk mengukur kapan dan kapan bayi Anda sudah cukup makan. Tapi ada beberapa petunjuk: jika bayi Anda tampak bahagia dan mendapatkan cukup berat, dan dia membuat cukup popok kotor (delapan sampai 12 pada hari tertentu), dia mungkin sudah cukup.

Menangis

Tidak ada keraguan bahwa bayi yang baru lahir menangis – itulah cara mereka berkomunikasi! Entah Anda memiliki bayi yang tenang atau bayi yang rewel, Anda akan mulai terbiasa dengan semua variasi rengekan dan ratapan bayi Anda di bulan pertama ini. Padahal, menangis bisa menjadi pertanda bayi sehat. Jika bayi Anda tidak banyak menangis, terutama bila Anda tahu dia memerlukan sesuatu, segera temui dokter Anda.

Pastikan dia tidak lapar atau butuh perubahan atau mengalami sesuatu yang tidak nyaman terjadi, seperti benang yang melilit jari kaki atau goresan yang mengganggunya. Jika semua sistem itu berjalan, bantulah dia melalui yang terbaik yang bisa Anda lakukan: goyang dia, jalani dia, bernyanyilah padanya atau peluk dia. Mungkin diperlukan beberapa usaha untuk membantunya menenangkan diri. Tapi jika Anda merasa kehilangan kesabaran atau hanya biasa lelah, tidak masalah menempatkannya di tempat yang aman seperti tempat tidurnya selama beberapa menit juga. Sangat. Dia mungkin bahkan mengejutkan Anda dan tertidur sendiri saat Anda meregenerasi diri sendiri.

Beberapa orang tua bertanya-tanya apakah bayi mereka menderita kolik . Seorang bayi yang memiliki episode kolik akan sering memiliki gejala di luar hanya menangis: kepalan tangan, mata tertutup, penyimpangan dalam pernapasan dan gas biasa terjadi. Dokter biasanya mendiagnosis kolik menggunakan “aturan bertiga”: tiga jam menangis, tiga hari seminggu, berlangsung setidaknya selama tiga minggu. Sekitar satu dari lima bayi yang baru lahir telah menangis mantra yang cukup parah untuk disebut kolik.

Seringkali tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk meringankan jeritan bayi kolik Anda. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kolik adalah dengan mencoba tetap tenang dan bergiliran dengan pasangan atau pengasuh dalam memberi perhatian pada bayi.

Sementara kolik biasanya dimulai sekitar minggu 2 atau 3 dari kehidupan bayi, itu paling sering mencapai tingkat keparahan sekitar minggu 6. Pada bulan 3 atau 4, kemungkinan bayi Anda tidak akan menangis sama seperti bayi orang lain. Terlebih lagi, penelitian telah menemukan bahwa bayi kolik tidak lagi memiliki masalah perilaku di kemudian hari daripada bayi lainnya. Jadi ingat (bila Anda pikir Anda tidak bisa menangis lagi).

Tetap sehat

Sementara fokus Anda akhir-akhir ini, secara alami, menjaga kesehatan bayi Anda, itu menjadi jauh lebih sulit jika Anda tidak tetap sehat sendiri. Jadi menjadikan kesehatan sebagai prioritas. Hidupkan lebih awal untuk malam hari, dan tidur siang saat bayi Anda melakukannya Рbahkan jika hanya selama 15 menit, Anda akan terbangun dengan perasaan menyegarkan. Simpanlah makanan yang mudah dibawa namun mengandung nutrisi di tangan, seperti stik keju, telur rebus, yogurt, keju cottage, buah dan sayuran siap saji sehingga Anda bisa sering merumput (tahu bahwa kebutuhan nutrisi Anda akan lebih besar Jika Anda sedang menyusui ). Akhirnya, praktikkan  posisi pemberian ASI atau botol untuk mengurangi nyeri punggung; Anda bahkan mungkin ingin memanjakan diri dengan pijat dari pasangan atau profesional Anda.

Tags : bab normal bayi usia 0 1 bulancara mengatasi batuk pilek pada bayi usia 1 bulanperkembangan bayi usia 1 bulan