Kelahiran Setelah Jahitan Melahirkan Terasa Gatal

jahitan_pasca_melahirkan_terasa-gatal

Jika Anda memiliki jahitan setelah kelahiran bayi Anda, tidak jarang mereka merasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi rasa sakit atau ketidaknyamanan ini seharusnya tidak berlanjut dalam jangka panjang.

Awalnya Jahitan mungkin berarti bahwa daerah perineum Anda juga bisa bengkak atau memar. Menggunakan bantalan es atau bungkus dalam 24 hingga 48 jam pertama dan terkadang lebih lama dapat membantu mengurangi pembengkakan dan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Yang semenarik kedengarannya menempatkan es di area perineum Anda, itu benar-benar membuat perbedaan pada apa yang Anda rasakan. Es atau bungkus dapat digunakan secara teratur saat berada di rumah sakit dalam beberapa hari pertama. Mereka dapat dengan mudah dibuat di rumah jika Anda terus membutuhkannya. Cukup basahi pembalut dengan sedikit air, dan letakkan di dalam freezer sampai Anda membutuhkannya. Ini hanya dapat digunakan sekali, untuk alasan kebersihan, karena Anda biasanya masih berdarah pada tahap ini.

Bagaimana Cara Merawat Jahitan Saya?

Jaga kebersihannya:

Tidak semua wanita mendapatkan jahitan setelah kelahiran normal tetapi jika Anda melakukannya, Anda harus menjaga kebersihannya untuk mencegah infeksi. Gunakan botol muncrat yang diisi dengan air hangat untuk membersihkan bagian bawah Anda setelah menggunakan kamar kecil. Jika jahitan Anda menyengat ketika Anda kencing, cobalah menyemprotkan air saat Anda buang air untuk melihat apakah itu menghilangkan sengatannya. Minum air yang cukup untuk menjaga urin Anda encer, karena itu akan membakar lebih sedikit. Urin Anda harus tidak berwarna dan tidak kuning!

Menurunkan Pembengkakan:

Jika bagian bawah Anda bengkak, menggunakan kompres es selama 24 jam pertama dapat membantu. Beberapa wanita menaruh air di atas pembalut dan membekukannya untuk digunakan sebagai kompres es.

Rendam Jahitan Anda:

Rendam jahitan Anda dalam bak mandi air hangat 2 atau 3 kali sehari. Ini membantu menjaga jahitan bersih dan membawa darah ke area untuk mempercepat penyembuhan. Beberapa wanita menemukan pengeringan udara bermanfaat. Untuk udara kering, berbaring di tempat tidur tanpa apa pun di bawah Anda selama beberapa menit atau gunakan pengering rambut di setelan rendah.

Jahitan Dapat Dilarutkan:

Kebanyakan jahitan membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk sembuh dan akan larut dengan sendirinya. Jika Anda kehilangan jahitan sebelum waktunya, dokter tidak akan menjahit ulang area tersebut. Terus pertahankan area bersih dan keringkan udara untuk mempercepat penyembuhan.

 Bisakah Saya Mengambil Sesuatu Untuk Rasa Sakit?

Setelah kelahiran vagina, Anda mungkin memiliki 3 jenis rasa sakit: nyeri akibat episiotomi atau robekan, ‘afterpains’ atau nyeri hemoroid. Atau, Anda mungkin cukup beruntung untuk tidak memiliki ini!

Episiotomi Dan Air Mata:

Beberapa air mata cukup kecil dan hanya akan menimbulkan sedikit ketidaknyamanan. Air mata atau episiotomi yang ekstensif membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Bak berendam (seperti yang disebutkan dalam # 3) membantu mengurangi nyeri perineum. Anda mungkin perlu minum obat pereda nyeri secara teratur selama beberapa hari pertama. Kebanyakan obat nyeri kompatibel dengan menyusui. Tanyakan kepada dokter Anda untuk mendapatkan petunjuk.

Kram Afterpain:

Anda mungkin merasakan kram seperti persalinan saat rahim Anda menyusut ke ukuran sebelum kehamilan. Kram ini paling kuat dalam beberapa hari pertama setelah persalinan dan harus mereda sedikit setiap hari. Saat Anda menyusui, hormon yang melepaskan ASI juga menyebabkan rahim Anda kram. Meskipun tidak nyaman, ini membantu untuk menjaga perdarahan Anda tetap terkendali. Mengkonsumsi obat pereda nyeri secara teratur dapat membantu mengatasi rasa sakit ini. Jika Anda menunggu sampai Anda mengalami afterpain untuk minum obat, maka afterpain akan hilang sebelum obat itu dapat berefek.

Wasir:

Wasir dapat mulai selama kehamilan Anda atau muncul setelah melahirkan. Bak berendam bisa menenangkan. Oleskan salep dan krim tiruan akan membantu mengecilkan wasir dan mengurangi rasa sakit. Jika wasir Anda parah, Anda mungkin memerlukan salep resep. Meminum obat nyeri oral secara teratur juga dapat membantu.

 Apakah Sakit Untuk Buang Air Besar? Akankah Jahitan Saya Terlepas?

Wanita sering takut untuk buang air besar pertama setelah melahirkan, khawatir mereka akan membelah jahitan mereka. Trik ini dapat membantu: Dengan menggunakan pad bersih, berikan tekanan balik yang lembut pada jahitan Anda saat Anda mendorong. Ini dapat membantu Anda cukup rileks untuk melewati bangku pertama itu.

Minum banyak cairan dan makan makanan berserat tinggi (seperti dedak, buah mentah dan sayuran) untuk menjaga gerakan usus Anda tetap lembut. Kadang-kadang, pelunak tinja ringan seperti Docusate Sodium disarankan untuk minggu pertama.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memiliki Infeksi?

Tempat paling umum untuk mengembangkan infeksi setelah kelahiran vagina adalah jahitan Anda, rahim dan kandung kemih Anda.

Jahitan:

Tanda pertama dari infeksi adalah meningkatnya rasa sakit pada jahitan Anda, meskipun mengambil jumlah obat nyeri yang sama. Kulit yang memerah di sekitar jahitan atau lendir kuning atau kehijauan tebal juga merupakan tanda yang harus diperhatikan.

Rahim:

Bau busuk atau busuk pada aliran darah vagina Anda bisa menjadi tanda infeksi di rahim. (Catatan: Jika Anda tidak yakin apakah aliran Anda berbau busuk, mungkin tidak!) Bau yang mirip dengan aliran menstruasi Anda normal.

Kandung Kemih:

Gejala infeksi kandung kemih termasuk terbakar ketika Anda buang air kecil, harus sering buang air kecil dan perasaan ‘urgensi’ (perlu menggunakan kamar kecil SEKARANG!). Ingat, tidak jarang merasa ada yang membakar di sekitar jahitan ketika Anda buang air kecil (lihat point # 3).

Umum:

Jika Anda harus mengalami demam dalam 6 minggu pertama setelah melahirkan, harap beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda. Anda mungkin telah mengembangkan infeksi yang membutuhkan perawatan.

Berapa Lama Jahitan Untuk Menyembuhkan?

Jahitan dalam persalinan normal biasanya sembuh cukup cepat jika Anda merawatnya dengan baik. Ketika Anda melahirkan bayi melalui vagina, perineum Anda meregang hingga batas. Semakin besar robekan atau robekan, maka waktu penyembuhan Anda bisa lebih lama.

Ketika Anda memiliki sayatan normal yang memotong kedua otot dan lapisan kulit atas, jahitan biasanya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga minggu untuk sembuh. Jahitan yang digunakan dokter untuk ini akan larut sendiri. Rasa sakit mungkin mereda setelah sekitar satu minggu, tetapi bisa memakan waktu hingga sebulan.

Air mata yang parah yang membutuhkan jahitan mungkin terasa sakit selama sebulan atau lebih. Waktu penyembuhan bisa memakan waktu enam minggu dan harus dijaga sangat bersih untuk mencegah infeksi. Dokter akan memeriksa kembali jahitan pada pemeriksaan enam minggu Anda dan memberi tahu Anda jika mereka benar-benar sembuh. Bagi beberapa wanita, bahkan bisa memakan waktu hingga delapan minggu bagi mereka untuk sembuh.

Anda mungkin juga melihat kebocoran urin atau usus dengan jahitan setelah kehamilan. Otot-otot di daerah tersebut masih akan sangat longgar dan latihan Kegel akan membantu dengan masalah ini. Ini dapat berlangsung sampai otot perineum Anda kembali dalam nada, atau mungkin berlanjut selama bertahun-tahun setelah melahirkan. Bicarakan dengan dokter Anda pada pemeriksaan enam minggu Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang inkontinensia.

Tes untuk Infeksi Pascapartum

Pemeriksaan darah akan menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih (sel darah putih) dan di tingkat ESR menunjukkan infeksi.

Ultrasonografi: Pada infeksi ringan, mungkin tidak ada kelainan pada USG. Tetapi jika infeksi mempengaruhi jaringan di sekitar rahim yang mengakibatkan infeksi panggul yang mendalam, USG dapat mengungkapkan massa dengan margin yang tidak jelas.

Perawatan Infeksi Pascapartum

Perawatan Umum:

·         Istirahat Di Tempat Tidur.

·         Cairan: Banyak cairan untuk menetralkan dehidrasi. Cairan IV diberikan jika pasien tidak dapat menerima cairan yang cukup secara oral.

·         Diet Bergizi Baik.

·         Jika infeksi parah, bayi harus diisolasi dari ibunya. Pompa ASI dapat digunakan untuk mengeluarkan ASI untuk mencegah pembengkakan payudara dan abses payudara . Namun dalam kasus ringan, lebih baik menyatukannya.

·         Obat-obatan: Antibiotik untuk melawan infeksi, analgesik untuk rasa sakit, obat penenang dan suplemen vitamin.

·         Pengobatan lokal terhadap infeksi pascapartum: Jika luka perineum seperti episiotomi terinfeksi, jahitan harus dikeluarkan untuk mengeluarkan nanah.

·         Jika infeksi disebabkan oleh jaringan yang tertahan di rahim , infeksi harus dihilangkan selembut mungkin.

·         Namun, jika uterus dianggap terlalu rapuh dan ada kemungkinan pecah saat diangkat, lebih baik tidak memanipulasinya lebih lanjut. Penghapusan dapat dilakukan setelah 2 atau 3 hari sejak memulai antibiotik.

·         Bantalan vagina yang bersih harus digunakan dan sering diganti.

Kapan Saya Bisa Mulai Berolahraga Lagi?

Jawaban atas pertanyaan ini dapat bergantung pada persalinan Anda, seberapa banyak air mata, hemoglobin Anda, dan tingkat kebugaran Anda sepanjang kehamilan Anda. Jika Anda berolahraga sepanjang kehamilan dan tidak memiliki persalinan yang sulit, Anda dapat dengan aman melakukan latihan ringan seperti berjalan dan peregangan dalam beberapa hari.

Penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan memotong kembali jika tubuh Anda mengatakan Anda berlebihan. Tanda-tanda Anda berlebihan itu adalah peningkatan aliran darah vagina Anda atau rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Jika Anda tidak aktif selama kehamilan Anda atau mengalami persalinan yang sulit dengan banyak robekan atau jahitan, silakan periksa dengan dokter Anda sebelum berolahraga.

Apa Tentang Seks

Tidak, vagina Anda setelah lahir tidak akan pernah sama persis seperti sebelumnya. (Di sana. Kami mengatakannya.) Namun, seks ada di cakrawala — seks yang bagus, bahkan. Namun, perlu waktu untuk merasa “normal” lagi setelah melahirkan. Ketika Anda siap untuk berhubungan seks setelah bayi — dan Anda telah menunda selama enam minggu yang direkomendasikan — lakukanlah. Jangan lupa pelumas! Anda kekurangan estrogen setelah melahirkan (dan ketika Anda sedang menyusui), menyebabkan penipisan mukosa vagina Anda, yang dapat menyebabkan kekeringan. Semua ini dapat membuat seks sedikit kurang nyaman, tetapi berinvestasi dalam beberapa pelumas bisa menjadi penyelamat.

Tags : bekas jahitan melahirkan terasa ngilujahitan pasca melahirkan lepasjahitan pasca melahirkan robekjahitan setelah melahirkan robekjahitan setelah melahirkan terlepas