Sumbatan Saluran Susu Bercak Putih Pada Puting

bercak_putih_pada_puting

Bintik-bintik putih disebabkan oleh sumbat susu yang menghalangi bukaan saluran susu pada puting. Jika Anda hanya memiliki satu titik putih dan tidak menyebabkan rasa sakit, tidak diperlukan perawatan. Namun Anda harus tetap mengamati situasi dan memastikan bayi Anda menyusui dengan benar pada setiap makanan. Jika Anda merasa sakit, Anda bisa menghangatkan puting sebelum menyusui sehingga kulit puting menjadi lunak. Kemudian, biarkan bayi menyusu sehingga steker susu dapat dikeluarkan oleh hisap susu. Jika bercak putih tetap tersisa setelah menyusui, hangatkan puting kembali dan gosok perlahan puting dengan handuk kasar. Kemudian, gunakan jari-jari Anda dan tekan dengan lembut area di belakang titik putih sehingga memeras steker susu. Jika kondisi masih berlanjut, Anda harus mencari saran medis dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak atau dokter Anda.

Bintik-Bintik Putih Kehamilan Dan Perubahan Hormon

Kelenjar Montgomery adalah bintik-bintik putih utama yang menjadi lebih terlihat karena kehamilan dan perubahan hormon.

Kelenjar Montgomery hadir di kedua puting dan areola sekitarnya. Mereka mengandung zat berminyak yang menjaga puting lembut dan lentur.

Para ilmuwan juga percaya bahwa bau dari zat berminyak ini mendorong bayi-bayi muda untuk memberi makan dan membantu mereka menemukan puting ketika mereka pertama kali mulai menyusui.

Gejala

Perubahan ukuran dan jumlah kelenjar Montgomery terlihat pada puting dan areola adalah salah satu tanda awal kehamilan. Ini dapat terjadi bahkan sebelum morning sickness atau tanda-tanda kehamilan lainnya.

Kelenjar Montgomery dapat diisi dengan zat lilin. Kelenjar itu kemudian menyerupai jerawat dengan kepala putih atau kekuningan. Bintik-bintik ini dikenal sebagai Montgomery tubercles.

Wanita tidak harus hamil atau menyusui agar hal ini terjadi. Perubahan hormon wanita lainnya dapat menyebabkan respons yang sama.

Penyebab perubahan hormon wanita meliputi:

  • siklus menstruasi
  • pil kontrasepsi
  • yang menopause
  • gangguan lain

Saluran Susu yang Diblokir

Ketika Anda menyusui bayi Anda, susu mengalir keluar dari puting Anda melalui lubang yang disebut pori-pori. Terkadang gumpalan susu yang keras dapat menyumbat pori puting. Ini disebut susu bleb atau pori puting yang tersumbat. Jika kulit Anda menutup pori-pori, itu membentuk lepuhan susu .

Saluran di belakang puting juga bisa menjadi tersumbat. Ini disebut saluran susu yang tersumbat atau tertancap.

Bleb atau blister dapat menciptakan bintik putih yang Anda lihat pada puting Anda. Terkadang warnanya berwarna kuning muda atau merah jambu, dan kulit di sekitarnya berubah menjadi merah.

Bleb dan lecet bisa sangat menyakitkan. Rasa sakit itu mungkin terasa seperti menusuk atau menyengat.

Tekanan bayi Anda mengisap puting saat menyusui biasanya akan menghilangkan sumbatan. Sumbatan yang tidak hilang dapat menyebabkan infeksi payudara yang disebut mastitis .

Apa Yang Bisa Kamu Lakukan

Jika bleb atau blister tidak hilang ketika Anda menyusui, Anda dapat dengan lembut melepaskan steker dengan kompres hangat dan basah sebelum disusui.

Di bawah pengawasan dokter Anda, Anda dapat menggunakan jarum steril untuk membuka pori-pori. Setelah pori-pori terbuka, remas payudara Anda untuk membantu menguras pori-pori. Cari tahu cara aman mengobati dan cegah lecet susu di masa depan.

Mastitis

Mastitis adalah suatu kondisi di mana payudara Anda menjadi meradang dan sakit. Ini umumnya terjadi ketika Anda sedang menyusui dan kemudian dikenal sebagai mastitis puerperal. Dalam beberapa kasus, itu juga dapat terjadi ketika Anda tidak menyusui – dikenal kemudian sebagai mastitis periductal. Mastitis puerperal biasanya berkembang ketika saluran susu tersumbat. Diperkirakan bahwa susu bocor ke jaringan di dekatnya, menyebabkan peradangan.

Mastitis peridformasi biasanya terjadi ketika puting terinfeksi, misalnya karena penindikan puting atau melalui kulit yang retak. Gejala mastitis dapat berupa benjolan serta kemerahan dan pembengkakan di bagian payudara, nyeri, dan keluarnya puting yang mungkin mengandung darah. Anda juga bisa mendapatkan suhu, menggigil, atau merasa lelah.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Tentang Ini?

Sebaiknya Anda menemui dokter jika menderita mastitis karena kondisi ini dapat menyebabkan abses payudara (nanah). Dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik dan mengeluarkan nanah yang telah dikumpulkan menggunakan jarum halus. Sementara itu, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri sendiri:

  • Jangan berhenti menyusui dan ingat untuk sering mengeringkan payudara Anda.
  • Jika Anda seorang ibu baru, periksa bahwa bayi Anda menempel dengan benar seperti menyusui dengan benar dapat mengambil sedikit latihan.
  • Dapatkan banyak istirahat dan dapatkan cukup cairan sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi.
  • Menerapkan paket keren dapat membantu peradangan dan rasa sakit

Drainase Susu

Tidak sepenuhnya mengeringkan payudara Anda selama menyusui juga dapat menyebabkan pori-pori puting yang tersumbat. Jika Anda sering mengalihkan bayi ke payudara kedua sebelum mereka selesai menyusui dari payudara pertama, Anda dapat mengembangkan steker.

Makanan yang dilewatkan dan tidak diperhatikan oleh bayi juga dapat menyebabkan masalah ini.

Wanita yang memproduksi susu dalam jumlah besar lebih mungkin memiliki pori-pori yang diblokir daripada mereka yang membuat lebih sedikit susu.

Apa Yang Bisa Kamu Lakukan

Menyusui lebih sering dapat membantu mencegah pori-pori susu yang tersumbat. Mulai bayi Anda pada payudara yang terkena terlebih dahulu. Jika Anda tidak dapat menyusui selama beberapa jam – misalnya, saat Anda sedang bekerja – pompa air susu ibu Anda. Penyumbatan ini harus berhenti setelah Anda menyusui selama beberapa minggu.

Infeksi Ragi

Candida adalah ragi yang hidup di dalam tubuh kita dengan menyebabkan kerusakan apa pun. Tetapi faktor-faktor tertentu seperti pengurangan bakteri menguntungkan yang memeriksa pertumbuhannya dapat menyebabkannya berkembang biak secara berlebihan dan menyebabkan infeksi. Candida tumbuh subur di susu dan tidak biasa untuk mendapatkan infeksi ragi saat Anda sedang menyusui. Juga, jika bayi Anda memiliki infeksi jamur di mulut, ia juga dapat menularkannya kepada Anda saat menyusui. Puting yang menyakitkan atau rasa sakit pada payudara Anda dapat menjadi indikasi kondisi ini., Anda juga mungkin melihat lecet, benjolan, dan kulit mengelupas, bersama dengan puting gatal, retak yang terlihat merah.

Papilloma Intraductal

Papilloma intraductal adalah pertumbuhan non-kanker di saluran susu. Anda mungkin bisa merasakan benjolan di samping atau di belakang puting Anda. Mungkin ada cairan dari puting Anda jika Anda memiliki kondisi ini. Papilloma juga dapat berkembang di saluran yang tidak dekat dengan puting. Mereka biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi dalam beberapa kasus itu adalah kemungkinan. Juga, perhatikan bahwa jika Anda memiliki banyak papilloma, Anda mungkin memiliki risiko kanker payudara yang sedikit lebih tinggi.

Kista Payudara

Kista payudara berbentuk oval atau kantung bulat berisi cairan di payudara Anda yang dapat digerakkan. Benjolan-benjolan ini dapat terasa sakit kadang-kadang dan perubahan hormonal – seperti pada menstruasi, misalnya – dapat membuatnya lebih menyakitkan atau lebih besar. Kadang-kadang, suatu kista dapat diisi dengan lemak atau minyak, meskipun ini biasanya tidak sakit. Kista tidak meningkatkan kemungkinan kanker payudara dan biasanya tidak berbahaya.

Apa yang Dapat Anda Lakukan Tentang Ini?

Kista bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun. Tetapi, pergilah ke dokter jika Anda memilikinya. Mereka mungkin memasukkan jarum ke benjolan untuk memastikan bahwa itu adalah kista. Cairan juga dapat dikeringkan dari kista dengan menggunakan jarum jika itu menyebabkan ketidaknyamanan Anda.

Pengobatan

Pori puting yang tersumbat seringkali akan bersih secara alami selama pemberian berikutnya.

Ketika pori puting tidak membuka blokir sendiri, individu dapat mengambil langkah untuk membantu. Ini termasuk:

  • menempatkan kompres hangat pada payudara dan puting susu sebelum menyusui
  • menggunakan kompres dingin setelah makan untuk mengurangi ketidaknyamanan
  • mandi hangat dan menggosok lembut puting yang diblokir dengan handuk
  • memijat payudara dan puting, merawat, saat mereka mudah memar
  • tangan-mengekspresikan susu sebelum memberi makan untuk melunakkan payudara
  • mengarahkan bayi untuk menyusui dari payudara yang terkena terlebih dahulu
  • memposisikan rahang bawah bayi dekat dengan benjolan yang disebabkan oleh saluran yang tersumbat
  • menggunakan penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen atau ibuprofen, untuk mengurangi ketidaknyamanan

Ketika kulit tumbuh di atas pori-pori puting dan bentuk lepuhan susu, perawatan di atas mungkin tidak selalu membuka blokir pori-pori puting. Orang harus mencari nasihat dari dokter atau bidan jika ini terjadi.

Pori mungkin perlu dibuka kembali dengan menggunakan jarum steril untuk menembus kulit. Seseorang yang melakukan ini harus sangat berhati-hati, karena mereka dapat memasukkan infeksi ke puting dan payudara.

Pencegahan

Beberapa langkah sederhana dapat diambil untuk membantu mencegah pori dan saluran puting yang tersumbat. Ini termasuk:

  • pastikan setiap payudara dikosongkan sepenuhnya selama menyusui sebelum menukar ke payudara yang lain
  • memastikan bahwa bayi menempel dengan benar
  • memakai bra yang pas dengan benar
  • menghindari bra underwired dan tali yang ketat
  • menghindari memakai pakaian ketat
  • posisi sabuk pengaman dan gendongan bayi sehingga mereka tidak membatasi payudara
  • mengubah posisi bayi di payudara setiap makan

Jika diblokir pori-pori dan saluran terus terjadi, orang harus mencari nasihat dari seseorang dengan pelatihan yang tepat yang dapat memeriksa bahwa bayi diposisikan dan latched dengan benar.

Seseorang harus mencari nasihat medis jika hal-hal berikut terjadi:

  • payudara mereka menjadi merah atau meradang
  • mereka merasa tidak enak badan
  • mereka mengembangkan suhu tinggi
  • mereka khawatir tentang gejala yang mereka miliki
  • Dalam hal ini, mastitis atau infeksi mungkin ada.

Saran Tambahan Untuk Penyembuhan

Beberapa menyarankan bahwa Anda melanjutkan dengan perendaman salin harian dan menggosok cepat dengan kain lap selama beberapa minggu setelah bleb selesai, untuk mencegah kekambuhan.

Hubungi dokter Anda jika hal-hal berikut terjadi: demam, peradangan (kemerahan), pembengkakan, mengeluarkan cairan, nanah, dll.

Di antara pemberian makan, Anda dapat menggunakan kompres es dan / atau penghilang rasa sakit (seperti ibuprofen atau tylenol) untuk menghilangkan ketidaknyamanan. Mengenakan kulit payudara, yang akan mengurangi tekanan dari pakaian, juga dapat membantu rasa sakit dan mungkin membantu penyembuhan.

Jangan lupa untuk mengobati penyebab yang mendasari (jika Anda tahu itu) dari susu melepuh – kelebihan pasokan, ragi , tekanan pada area payudara, dll

Tags : bercak putih di dadabercak putih di sekitar payudarabercak putih pada kulit payudarabintik putih pada area putingbintik putih pada payudara saat menyusuikotoran putih pada payudara